BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dalam sejarah manusia, tidaka ada contoh
figur yang lebih kontemplatif maupun revolusioner dari Nabi Muhammad. Rasulullah
mendengarkan bimbingan yang diberikan dalam beragam kondisi yang ia temui, dan
Rasulullah menyampaikan wahyu serta pandangan hidup kepada umat-umatnya.
Dalam perjalanan dakwah Rasulullah tidaklah
selalu mulus tanpa rintangan,banyak sekali
cobaan dan kendala yang dihadapinya.salah satunya yaitu penentangan
kaum Quraisy terhadap dakwah Rasulullah.
Dari peristiwa-peristiwa yang dialami Rasulullah
dalam hijrahnya. Yang bisa dibuat motivasi untuk umat Rasulullah selanjutnya.
B. Rumusan
Masalah
1.
Apa
pengertian dari hijrahnya Rasulullah ke Madinah?
2.
Dasar
politik seperti apa yang dipakai Rasulullah pada saat itu?
3.
Apa saja
yang ada di dalam Piagam Madinah?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Arti
Hijrah Rasulullah Ke Madinah
Secara
sederhana, hijrah berarti pindah. Suatu sejarah Rasulullah bersama-sama
Mukminin pindah dari Makkah ke Madinah. Hijrah bukan melarikan diri karena
takut ancaman para Quraisy.
Hijrah
ini menjadi titik awal kebangkitan kaumMuslimin. Merupakan dedikasi keyakinan
(Tauhid), beriman kepada Allah, bukti kepatuhan, bukti kecintaan serta taat
pada ajaran islam.
Hijrah
adalah fenomena kekuatan umat Mukmin. Menampilakan citra ajaran dan latihhan
yang dilakukan Rasulullah terhadap pengikutnya. Dari berbagai ancaman
orang-orang Quraisy di Makkah dan kaum Yahudi dan Munafik, dapat melahirkan
umat yang siap mempertanggung jawabkan semua perilaku setiap umat islam.
Hijrah
merupakan gerakan nyata dari interprestasi wahyu Al-Qur’an. Menjadikan islam
sebagai agama yang haq(benar) dari Allah, yang tidak dapat dirusak oleh
golongan kaum munafik.
Seorang Yahudi mengejek Nabi dan
berkata : “Hai Muhammad, tidak ada hidayat selain yang kami ikuti, karena itu,
hai muhammad, ikutilah kami, engkau beroleh petunjuk yang benar!”. Nabi
menjawab dengan firman Allah :[1]
(#qä9$s%ur (#qçRqà2 #·qèd ÷rr& 3t»|ÁtR (#rßtGöksE 3 ö@è% ö@t/ s'©#ÏB zO¿Ïdºtö/Î) $ZÿÏZym ( $tBur tb%x. z`ÏB tûüÏ.Îô³ßJø9$# ÇÊÌÎÈ
Artinya : “dan meraka berkata:
“masuk sajalah kalian dalam agama Yahudi atau agama nasrani, kalian pasti
beroleh petunjuk!” jawablah (hai nabi): “tidak! Kami hanya mengikuti agama
(nabi) Ibrahim yang lurus itu, nabi Ibrahim sama sekali tidak tergolong
orang-orang yang menyekutukan Allah (musyik).” (QS. Al-Baqarah: 135)
B. Dasar
Politik Negeri Madinah
Rasulullah
disamping sebagai rasul, beliau juga sebagai kepala masyarakat muslim. Yang
mana Madinah sebagai pusat pemerintahannya. Periode Makkah adalah peletakan
dasar-dasar agama tauhid (pembentukan akhlak mulia). Sedangkan periode Madinah menandai
munculnya islam sebagai sebuah kekuatan sosial dan politik.
Pada
waktu itu disekitar dunia Arab ada beberapa kerajaan seperti Romawi dan Persia.
Sedangkan di Arab cuma terdapat beberapa penguasa kecil dan mempunyai wilayah
kecil pula. Arab pada saat itu menjadi pemisah antara Romawi dan Persia.
Arab pada saat itu memiliki banyak suku-suku,
dan mereka hidup mengikuti aturan yang dibentuk oleh suku masing-masing. Dalam
segi politik dan administrasi pemerintahan, sikap mereka terhadap dua negara
tersebut masing-masing suku memihak salah satu negara tersebut.[2]
Disaat Persia
berhasil mengalahkan Romawi, kaum munafik Madinah bergembira mempunyai
keterkaitan emosional sebagai sesama kaum munafik. Sedangakan kaum Mukmin
berharap Romawi menang, karena menganut agama Nasrani. Sebagaimana wahyu turun
: [3]
$O!9# ÇÊÈ ÏMt7Î=äñ ãPr9$# ÇËÈ þÎû oT÷r& ÇÚöF{$# Nèdur -ÆÏiB Ï÷èt/ óOÎgÎ6n=yñ cqç7Î=øóuy ÇÌÈ Îû ÆìôÒÎ/ úüÏZÅ 3 ¬! ãøBF{$# `ÏB ã@ö6s% .`ÏBur ß÷èt/ 4 7ͳtBöqtur ßytøÿt cqãZÏB÷sßJø9$# ÇÍÈ ÎóÇuZÎ/ «!$# 4 çÝÇZt ÆtB âä!$t±o ( uqèdur âÍyèø9$# ÞOÏm§9$# ÇÎÈ
Artinya
: “1) Alif laam Miim, 2) Telah dikalahkan bangsa Rumawi, 3) Di negeri yang
terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang, 4)Dalam beberapa tahun
lagi. bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). dan di hari
(kemenangan bangsa Rumawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman, 5) Karena
pertolongan Allah. dia menolong siapa yang dikehendakiNya. dan dialah Maha
Perkasa lagi Penyayang. (QS. Ar-Ruum: 1-5).
Strategi
politik Mohammad berbeda dengan pemimpin politik dimasanya. Beliau tidak
membangun kerajaan namun sebuah negara. Administrasi pemerintahan baru
diciptakan pada periode Madinah. Jadi periode Makkah adalah sebagai pembentuk
masyarakat tanpa mempunyai wilayah.
C. Piagam
Madinah
Piagam Madinah adalah suatu dokumen yang
menekankan hidup berdampingan antara orang –orang Muhajirin dan Anshor di satu
pihak dan dengan orang-orang Yahudi dipihak lain.
Isi piagam Madinah :[4]
1.
Sesungguhnya
mereka satu umat, dari (komunitas) manusia yang lain.
2.
Kaum
Muhajirin dari Quraisy sesuai keadaan (kebiasaan) mereka, bahu membahu membayar
diyat di antara mereka dan mereka membayaaar tebusan tawanan dengan cara baik
dan adil di antara mukmin.
3.
Banu ‘Awf,
sesuai dengan (kebiasaan) mereka, bahu membahu membayar diyat di antara mereka
seperti semula, dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan adil
di antara mukmin.
4.
Banu
Sa’idah, sesuai dengan (kebiasaan) mereka, bahu membahu membayar diyat di
antara mereka seperti semula, dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan
baik dan adil di antara mukmin.
5.
Banu Al
Hars, sesuai dengan (kebiasaan) mereka, bahu membahu membayar diyat di antara
mereka seperti semula, dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan
adil di antara mukmin.
6.
Banu
Jusham, sesuai dengan (kebiasaan) mereka, bahu membahu membayar diyat di antara
mereka seperti semula, dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan
adil di antara mukmin.
7.
Banu Al
Najjar, sesuai dengan (kebiasaan) mereka, bahu membahu membayar diyat di antara
mereka seperti semula, dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan
adil di antara mukmin.
8.
Banu Al
Nabit, sesuai dengan (kebiasaan) mereka, bahu membahu membayar diyat di antara
mereka seperti semula, dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan
adil di antara mukmin.
9.
Banu Amr
bin Awf, sesuai dengan (kebiasaan) mereka, bahu membahu membayar diyat di
antara mereka seperti semula, dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan
baik dan adil di antara mukmin.
10.
Banu
Al-Aws, sesuai dengan (kebiasaan) mereka, bahu membahu membayar diyat di antara
mereka seperti semula, dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan
adil di antara mukmin.
11.
Sesungguhnya
mukmin tidak boleh membiarkan orang yang berat menanggung utang diantara
mereka, tetapi membantu dengan baik dalam pembayaran tebusan dan diyat.
12.
Seprang
mukmin tidak boleh membuat persekutuan dengan sekutu mukmin lainya, tanpa
persetujuan daripadanya.
13.
Orang-orang
mukmin yang taqwa harus menentang orang yang di antara mereka mencari atau
menuntut sesuatu secara zalim, jahat, melakukan permusuhan atau kerusakan di
antara mukmin. Kekuatan mereka bersatu dalam menentangnya, sekalipun ia anak
dari seorang di antara mereka.
……
47. Sesungguhnya piagam ini tidak
membela orang zalim dan khinat. Orang yang keluar (bepergian) aman, dan orang
yang berada di Madinah aman, kecuali orang yang zalim dan khianat. Allah adalah
penjamin orang yang baik dan taqwa bersama Muhammad SAW.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Hijrah
bukan melarikan diri karena takut ancaman para Quraisy, dedikasi keyakinan
(Tauhid), beriman kepada Allah, bukti kepatuhan, bukti kecintaan serta taat
pada ajaran islam.
Politik Muhammad SAW berbeda dengan pemimpin politik dimasanya,
tidak membangun kerajaan namun sebuah negara. Administrasi pemerintahan baru
diciptakan pada periode Madinah. Jadi periode Makkah adalah sebagai pembentuk
masyarakat tanpa mempunyai wilayah.
Pada piagam Madinah tidak membela
orang zalim dan khinat. Orang yanga keluar (bepergian) aman, dan orang yang
berada di Madinah aman, kecuali orang yang zalim dan khianat. Allah adalah
penjamin orang yang baik dan taqwa bersama Muhammad SAW.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Husaini Al-Hamid, Membangun Peradaban Sejarah
Muhammad,Pustaka Hidayah, 2000.
Karen. A, islam sejarah
singkat, Jendela, Yogyakarta, 2002.
Muk’in
Majid Abdul, Sejarah Kebudayaan Islam,
Pustaka, Bandung, 1997.
[1] H.M.H. Al-Hamid Al-Husaini, Membangun Peradaban Sejarah
Muhammad,Pustaka Hidayah, 2000.Hlm 417
[2] Karen. A, islam sejarah singkat, Jendela, Yoqyakarta, 2002, hlm.34
[3] 0p.cit.,hlm.427
[4]Abdul Muk’in Majid, Sejarah Kebudayaan Islam, Pustaka, Bandung, 1997, hlm.14
Harrah's Casino and Hotel - Missouri - Jackson County Chamber
BalasHapusGet 안양 출장마사지 directions, reviews 동해 출장샵 and information 동두천 출장샵 for Harrah's Casino and Hotel in Jackson 순천 출장마사지 County, MO. Check reviews, hours, directions, 김해 출장안마